Senin, 13 Desember 2010

Kapal Tenggelam Di Antartika, 22 Pelaut Indonesia Tewas

Ilustrasi Kapal Tenggelam
Sebanyak 22 pelaut, beberapa diantara mereka berasal dari Indonesia, dikhawatirkan tewas saat sebuah kapal penangkap ikan asal Korea Selatan (Korsel) yang mereka awaki tenggelam di perairan Antartika, Kutub Selatan, Selandia Baru, Senin (13/12/2010) pagi.

Pihak berwenang Korsel dan Selandia Baru, sebagaimana dikutip kantor berita Associated Press, Senin sian mengatakan, sebanyak 20 awak lainnya berhasil diselamatkan. Menurut Kementrian Luar Negeri Korsel, kapal penangkap ikan itu tenggelam sejauh 2.250 km dari lepas pantai Selandia Baru bagian selatan.

Hingga Senin siang, lima pelaut sudah ditemukan tak bernyawa dan 17 lainnya masih hilang. Menurut tim penyelamat Selandia Baru, nyawa mereka yang masih terapung di laut selama lebih dari sepuluh menit akan sangat terancam bila tidak mengenakan jubah khusus dan rompi penyelamat. 

Pasalnya, laut di Antartika sangat dingin dengan suhu rata-rata di bawah 0 derajat celcius. "Kami sangat beruntung ada sejumlah kapal lain di sekitar lokasi tenggelamnya kapal itu, sehingga mereka mampu memberi perotolongan," kata Ross Henderson, juru bicara tim penyelamat Selandia Baru. 

Hingga kini, sejumlah kapal dari Selandia Baru dan Korsel turut melakukan pencarian korban. Pejabat Penjaga Pantai Korsel, Ji Kwan-tae, mengatakan sulit berharap para pelaut yang masih hilang itu selamat setelah berjam-jam mengapung di lautan yang begitu dingin.

Kapal penangkap ikan In Sung asal Korsel itu membawa 42 awak. Delapan diantara mereka warga Korsel, delapan China, sebelas Indonesia, sebelas Vietnam, tiga Filipina, dan seorang dari Rusia.

Seorang pejabat Kementrian Luar Negeri Korsel mengatakan bahwa dua pelaut yang dipastikan tewas berasal dari Indonesia, dua dari Korsel, dan seorang dari Vietnam. Namun identitas mereka masih belum diketahui.

Sambil melakukan pencarian korban, pihak berwenang masih menyelidiki penyebab tenggelamnya kapal itu.


sumber: www.tribunnews.com

0 komentar:

Posting Komentar